Optimalisasi Kekerasan pada Vulkanisat Kompon Tread Ban Sepeda Motor Ditinjau dari Aspek Kualitatif Material di PT Suryaraya Rubberindo Industries

Aulia, Nur Afifah (2020) Optimalisasi Kekerasan pada Vulkanisat Kompon Tread Ban Sepeda Motor Ditinjau dari Aspek Kualitatif Material di PT Suryaraya Rubberindo Industries. Tugas Akhir thesis, Politeknik ATK.

[img] Text
Cover.pdf

Download (457kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (51kB)
[img] Text
Fulltext_2020_TPKP_1703016_Aulia Nur Afifah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://www.repository.atk.ac.id

Abstract

Peningkatan penggunaan sepeda motor di Indonesia menyebabkan terbukanya peluang pada industri penyusunnya, salah satunya yaitu ban motor. Tread merupakan bagian terluar dari ban yang harus mencapai pada standar pengujian. Salah satu standar yang harus dicapai yaitu kekerasan. Upaya untuk mendapatkan kekerasan yang optimal pada vulkanisat kompon tread ban dapat ditinjau dari sisi kualitatif material, komposisi material, dan kondisi operasi standar yang digunakan. Batasan masalah dalam Tugas Akhir yaitu pada jenis material ditinjau dari aspek kualitatif yang mempengaruhi kekerasan pada vulkanisat kompon tread ban sepeda motor. Tujuan dari penulisan Tugas Akhir ini yaitu untuk mempelajari material yang dapat mempengaruhi kekerasan dan upaya untuk mendapatkan kekerasan yang optimal pada tread ban ditinjau dari aspek kualitatif material. Kekerasan yang kurang atau berlebih dapat berpengaruh terhadap keamanan dan kenyamanan. Nilai optimal kekerasan yang harus dicapai oleh tread ban yaitu 58-63 Shore A. Kekerasan pada tread ban dapat ditinjau dari aspek kualitatif material yang digunakan seperi karet, filler, bahan pemvulkanisasi, dan plasticizer. Peningkatan nilai kekerasan dapat dilakukan dengan menambahkan komposisi karet NR, filler carbon black dengan ukuran partikel kecil, menggunakan sistem vulkanisasi semi efisien, serta plasticizer petroleum aromatik. Pengurangan nilai kekerasan dapat dilakukan dengan menambahkan komposisi karet IIR, filler carbon black dengan ukuran partikel lebih besar, menggunakan sistem vulkanisasi konvensional, serta plasticizer petroleum parafinik. Kata Kunci: tread ban, kekerasan, pengoptimalan kekerasan

Item Type: Thesis (Tugas Akhir)
Subjects: Teknologi Pengolahan Karet dan Plastik > BAN
Divisions: Teknologi Pengolahan Karet dan Plastik
Depositing User: Mrs Candra Mirawiarsi
Date Deposited: 28 Sep 2020 09:41
Last Modified: 28 Sep 2020 09:41
URI: http://repository.atk.ac.id/id/eprint/430

Actions (login required)

View Item View Item