Muhammad, Chozunatul Ulum (2020) Metode 8D Report untuk Mengatasi Masalah Komplain Produk Return di PT Pangestu Jaya Makmur Surakarta, Jawa Tengah. Tugas Akhir thesis, Politeknik ATK.
Text
Cover.pdf Download (2MB) |
|
Text
Abstrak.pdf Download (1MB) |
|
Text
Fulltext_2020_TPK_170381_Muhammad Chozinatul Ulum.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan dari tugas akhir ini adalah untuk mengatasi masalah komplain kualitas produk kantong plastik return beserta melakukan tindakan pencegahan terhadap masalah tersebut. Pemecahan masalah menggunakan metode 8D report yang berisi pembentukan tim, pendefinisian masalah, menerapkan tindakan kontainmen, analisis penyebab akar masalah, menetapkan tindakan perbaikan, menerapkan tindakan perbaikan, melakukan tindakan pencegahan, dan memberikan penghargaan kepada tim. Metode 8D report mempunyai langkah–langkah dari analisis permasalahan hingga tindakan pencegahan, pada langkah analisis penulis menggunakan alat berupa diagram fishbone untuk mengetahui kemungkinan penyebab terjadinya masalah dari faktor manusia, mesin, bahan, dan metode. Ditemukan penyebab utama komplain berupa cacat getas disebabkan oleh komposisi pelet daur ulang yang terlalu banyak, lalu dilakukan pengurangan komposisi bahan pelet daur ulang tersebut dikarenakan pelet tersebut merupakan bahan daur ulang yang sudah pernah dipanaskan dan sudah pernah tercampur bahan pengisi sehingga memiliki daya plastis yang kurang. Setelah itu dilakukan trial untuk mengetahui hasil campuran baru ketika bahan tersebut dikurangi kemudian melakukan usulan pembuatan SOP penyelesaian produk return. Metode 8D report yang penulis gunakan dapat digunakan untuk mengatasi dan menentukan tindakan pencegahan berupa SOP penggantian bahan, dan SOP penyeleksian produk untuk mencegah terjadinya komplain kualitas produk return.
Item Type: | Thesis (Tugas Akhir) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Produk Return, 8D Report, Komplain, SOP. |
Subjects: | Teknologi Pengolahan Karet dan Plastik > MANAJEMEN Teknologi Pengolahan Karet dan Plastik > MANAJEMEN > MASALAH KOMPLAIN Teknologi Pengolahan Karet dan Plastik > MANAJEMEN > SOP |
Divisions: | Teknologi Pengolahan Karet dan Plastik |
Depositing User: | Mrs Candra Mirawiarsi |
Date Deposited: | 10 Oct 2020 09:33 |
Last Modified: | 10 Oct 2020 09:33 |
URI: | http://repository.atk.ac.id/id/eprint/462 |
Actions (login required)
View Item |