Barokah Enjang Nur Azizah, - (2021) Pembuatan dan Penerapan SOP Quality Control untuk Meminimalisir Keluhan Pelanggan Di Gozzo Sleman Yogyakarta. Tugas Akhir thesis, Politeknik ATK.
Text
TA_2021_TPPK_1802061_Barokah Enjang N.A_JPG.pdf Download (1MB) |
|
Text
Fulltext_2021_TPPK_1802061_Barokah Enjang N.A_JPG .pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Gozzo Indonesia merupakan salah satu perusahaan yang memproduksi produk kulit, seperti berbagai macam tas kulit pria maupun wanita, dompet kulit, leather gift dan lain-lain. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 1 Maret 2021 sampai 6 April 2021. Metode pengambilan data yang dilakukan yaitu dengan mengambil data primer (observasi, interview, dan dokumentasi), serta data sekunder (studi pustaka). Gozzo Indonesia telah menerapkan proses Quality Control pada setiap produk yang mereka produksi. Meskipun demikian, berdasarkan data yang diperoleh ternyata masih terdapat komplain dari pelanggan mengenai produk tersebut. Penyebab adanya keluhan pelanggan yaitu diakibatkan oleh beberapa faktor yaitu salah satunya tidak adanya SOP pada bagian Quality Control, sehingga para pekerja hanya mengandalkan panca indra saja tanpa adanya patokan atau standar yang telah dipatenkan oleh perusahaan. Metode penyelesaian masalah ini menggunakan metode diagram ishikawa / fishbone. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka dapat dilakukan dengan membuat Standar Operasional Prosedur (SOP) pada bagian Quality Control.
Item Type: | Thesis (Tugas Akhir) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | quality control, Standar Operasional Prosedur, keluhan pelanggan. |
Subjects: | Teknologi Pengolahan Produk Kulit > MANAJEMEN > QUALITY CONTROL Teknologi Pengolahan Produk Kulit > MANAJEMEN > SOP |
Divisions: | Teknologi Pengolahan Produk Kulit |
Depositing User: | Mrs Candra Mirawiarsi |
Date Deposited: | 03 Sep 2021 08:37 |
Last Modified: | 03 Sep 2021 08:37 |
URI: | http://repository.atk.ac.id/id/eprint/758 |
Actions (login required)
View Item |